Monday, July 2, 2018

Tongkat Pramuka


Tongkat Pramuka

Selain sebagai kelengkapan bagi seorang Pramuka, tongkat mempunyai banyak kegunaan (multiguna), dan tongkat merupakan suatu kebanggaan bagi Pramuka, bisa juga disebut Sahabat Pramuka, hal ini bisa dibuktikan dengan pemberian tongkat pada waktu pelantikan. Tongkat Pramuka adalah kawan bagi setiap Pramuka di dalam kehidupan sehari-hari baik dalam tugas, berkemah, perjalanan. Tak dipungkiri lagi, soal kegunaannya yang banyak.
Kegunaan Tongkat Pramuka
1.      Sebagai tiang tenda/tenda darurat (bivak)
2.      Sebagai tiang bendera
3.      Sebagai tempat sepatu
4.      Sebagai alat penghalau hewan liar, misalnya untuk anjing galak
5.      Untuk menyeberangi selokan (pendek dan dangkal)
6.      Sebagai tiang jemuran
7.      Untuk membuat tandu (blankar/dragbar)
8.      Untuk membuat jembatan kecil
9.      Untuk memadamkan api
10.  Untuk membantu mengukur jarak, tinggi, dsb.
11.  Sebagai kawan diwaktu mendaki
12.  Sebagai alat berpegang di waktu malam hari, agar tidak mudah tergelincir atau jatuh
13.  Untuk beristirahat (bisa untuk duduk/dibuat kursi darurat)
14.  Untuk kelengkapan baris-berbaris
15.  Untuk alat bela diri
16.  Untuk memanjat tembok yang tinggi
17.  Untuk mengukur dalamnya suatu kolam, dsb.
Oleh karena itu, rawatlah tongkatmu dengan sebaik-baiknya, seolah-olah saudaramu sendiri. Ukuran tongkat yang baik adalah 160 cm (agar bermanfaat bila digunakan untuk tandu). Tetapi menurut Baden-Powell, tongkat itu sebaiknya setinggi masing-masing Pandu.
Tongkat pramuka merupakan pelengkap yang berguna bagi Seorang Pramuka. Tongkat merupakan pertolongan yang ternilai saat Pramuka melakukan suatu pendakian atau pengembaraan di daerah yang banyak batu-batunya dan saat berjalan di malam hari. Tongkat juga dapat diukir atau ditandai oleh bermacam-macam tanda, yang mengingatkan kita pada berbagai peristiwa penting.
Tongkat yang baik itu biasanya terbuat dari bahan yang kuat, kayu atau bamboo (lebih kuat karena liat), dan dicat dengan warna-warna menarik. Tongkat juga sebaiknya diberi tanda-tanda dalam beberapa ukuran (1 meter, 50 cm, 10 cm, 5 cm, dan 1 cm) yang dapat dipergunakan untuk mengukur (membandingkan). Tongkat-tongkat juga disusun dengan bantuan tali dan ikatan untuk membuat jembatan ringan (kecil), rangka gubuk atau tiang bendera.



Previous Post
Next Post

0 comments: